Minggu, 26 Agustus 2018

Kajian Siroh

Urgensi mempelajari siroh nabawiyah :

1.Memahami kesempurnaan Muhammad SAW
2.Membantu pemahaman kita terhadap al quran. Al quran itu global sehingga perlu siroh agar bisa memahami Al quran dengan utuh.

Arab (Jazirah Arab).

a.Sebelumnya akan membahas Persia yakni zoroaster yaitu menikah dengan ibunya, Madzalia dibiarkan mengambil rumput saja diambil dengan bebas saja (khurofat)

b.Romawi yakni kolonialisme militer sehingga bobrok dan menekan masyarakat. Saat itu pemerintahan tidak adil
.
c.Pada saat itu Arab tenang dan ditengah tengan antara peradapan barat dan timur, bahasa Arab berbeda dengan bahasa lain dan Al quran terjaga hingga akhir zaman.

d.Posisi dakwah Rosul bernuansa aqidah.Isinya tentang penegasan dan penyempurnaan yaitu menyempurnaan agama sebelumnya.

e.Nabi Musa diturunkan di Israil dan tak ada ruhsh ruhsoh.semua berlaku kecuali ada tertulis untuk tidak melakukannya. Misalnya sholat yang dulunya bukan Rosul minta keringanan.

f.Masa Jahiliyah.
Tidak mau menerima kebenaran dari Allah dan RosulNya. Rosululloh dikembalikan oleh Halimatus sa'dit\yah d\selama lima tahun. Sedangkan Nabi pada tahun ke enam ditinggal mati ibunya.Dan di usia delapan tahun ditinggal mati oleh kakeknyaKemudian Nabi diasuholeh pamannya Abu Tholib, hikmahnya:Allah memberikan kekhususan kepada bangsa Arab, Rosululloh langsung di didik oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril, Segala Segala rumput dan sumur bagus setelah Muhammad berada di rumah Siti Halimah.

g.Tentang pembelahan dada Muhammad. Muhammad dibelah dadanya kemudian diambil segumpal darah di hatidan dibersihkan kejelekannya maka hatinya bersih.

h.Rosululloh mulai berdagang ke Syam (Syiria, Libanon, Palestina).Usianya baru duabelas tahun. Saat Muhammad melewati Basroh bertemu dengan pendeta dan Abu Tholib diminta untuk pulang ke Makakh, karena jika orang Yahudi tahu akan dibunuh oleh mereka. Sebenarnya orang Yahudi dan nasrani tahu akan adanya Muhammad. Namun orang Yahudi mendustakannya.

Salman Al Farisi itu mempelajari Injil dan Al Kitab maka beliau memeluk Islam. Jangan dijadikan Al Kitab itu sumber rezeki, Alloh menjaga kesucian dari hal - hal yang tidak perlu didengarkan, Perdagangan Muhammad bersama Maesaroh yang membuahkan hasil Khidijah menikah dengan Beliau.

Rosul menikah dengan Khodijah yakni saudagar kaya dan janda namun mulia hatinya. Selama limapuluh tahun Rosululloh tidak menikah lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...