Minggu, 21 Oktober 2018

Istighfar

Filosofi Istighfar : Memohon ampun atas kesalahan yang telah dilakukan dan mentaati perintahNYA. Q.s An - nasr : 3 maka sucikanlah kamu kepada Allah, dan rikh (orang yang beristirahat) itujika dan minta maaf kepada Allah, sesungguhnya Allah adalah zat yang maha mengampuni.
Al hadits : Maka ucaplah istighfar karena Allah adalah zat yang maha mengampuni.
Qs At tahrim: Hai orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sungguh - sungguh maka Allah akan menutupi segala kesalahanya dan memasukkan ke Syurga yang dibawahnya air yang mengalir.ika kita mempunyai dosa.

Mustarikh (orang yang beristirahat) itu jika kita sudah diampuni dosanya.
Hukum Istighafar :
1.Sunnah (hukum asli).
2.Menjadi wajib ketika  kita punya dosa.
3.Mejadi haram ketika orang kafir yang beristighfar.

Kapan kitaberistighfar.
Al qur'an: Dan epat - cepatlahmeminta ampun dari Allah SWT.
Hadits : Hai manusia, bertaubatlah kepada Allah,dalam sehari sebanyak 100 kali.

Hikmah / keutamaan Istighfar :
1.Untuk mewujudkan untu mendapatkan Syurga yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang bertaqwa.
2.Membukakan pintu rezeki dan dimudahkan dalam kesusahan. Al Hadits : Barang siapa memperbanyak Istighfar maka Allah akan menjadikannya, melapangkan dari kesempitan, dikeluarkan dari kesulitan (kesempitan karena banyak masalah) dan akan diberikan rezeki dari temapt yang tidak disangka - sangka. (HR Imam Ahmad no.223).
3.Mendapatkan banyak kenikmatan.
Jika orang mau membaca sayyidul istighfar (Istighra yang terbaik) pada waktu siang dan meninggal pada hari itu maka syurga baginya dan jika ia beristighfar pada waktu malam dan hingga pagi dia meninggal maka syurga juga baginya (HR Bukhori no.591).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...