Jumat, 28 Oktober 2011

Kemuliaan Berwakaf

Lima tahun sudah TWI berkiprah (14 Juli 2005 –14 Juli 2010) menyemai benih wakaf kepada masyarakat. Meski belumlah indah seperti yang diharapakan namun benih wakaf itu mulai bertunas. Terima kasih kepada para wakif (yang berwakaf) yang telah mempercayakan wakafnya kepada kami. Alhamdulillah selama 5 tahun ini telah terkumpul wakaf tunai sejumlah 7,5 Milyar dan Wakaf Aset senilai 14,5 Milyar.

Wakaf sebagai salah satu ibadah maaliyah mempunyai kekhasan tertentu yakni mengalirnya pahala meskipun wakifnya sudah meninggal dunia. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi: ”Apabila anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga yaitu : sedekah jariyah (wakaf), Ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendokan kedua orang tuanya.”(HR.Bukhari). Hal ini menjadi tanggung jawab TWI sebagai nazhir untuk menjaga keberlangsungan aset wakaf dari para wakif.

Hukum berwakaf adalah sunah, yaitu bagi siapa yang merasa mampu berwakaf dan menunaikannya maka akan mendapatkan pahala. Hal ini berbeda dengan zakat yang memang hukumnya wajib bagi setiap muslim yang jumlah hartanya telah memasuki batas menunaikan zakat (nishab). Jika para wakif telah menunaikan zakat maka sebaiknya menyempurnakan ibadah maaliyah (harta) dengan berwakaf.

Dengan berwakaf, para pembaca melebihkan tabungan akhirat dari yang hanya menunaikan yang wajib saja dan menambahkannya dengan yang sunah sebagai bekal perjalanan abadi nanti. Seperti dalam firman Allah SWT :
”Dan tiadalah kehidupan di dunia ini selain senda gurau dan main-main,
dan sesungguhnya akhirat itulah sebenarnya kehidupan, jika mereka mengetahui.”
(QS. Al-Ankabut : 64).
Alangkah indahnya jika kita melengkapi ibadah zakat kita dan menyempurnakannya dengan berwakaf. Meski kedudukannya sunah, namun berkah dan pahalanya mengalir walau kita berpindah dari alam dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Mencari Ilmu.

Sarat diterimanya badah : 1.Ikhlas. 2.Sesuai syariat. dalam qur'an surat Az - zumar ayat 9, Qs Al mujaddalah ayat 11, Qs Thoha ayat 14...