Rabu, 11 Februari 2015

Berbagi Cinta Kasih


Cinta dan kasih adalah sesuatu yang sangat berkesan bagi semua manusia. Maka cinta dan kasih yaitu sama- sama menghasilkan makna yang tiada batas. Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi yang tiada batas. Oleh karena itu setiap orang memiliki cinta. Selain itu cinta juga merupakan sumber kekuatan dari segalanya. Kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta karena cinta dapat memberikan dorongan dan motivasi terhadap diri seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan dapat tercapai dengan indah.

Cinta kasih tidak selalu ditujukan kepada pasangan kita tetapi pada dasarnya cinta kasih adalah anugerah yang dianugerahkan Tuhan kepada seluruh mahluk – mahluknya, misalnya, ketika seekor hewan yang hidup sendiriaan, sudah pasti nantinya akan mati dan tak tau arah, sama dengan manusia yang butuh akan makhluk lainnya untuk saling melengkapi. Seperti hewan dengan anaknya, ketika anaknya diganggu oleh hewan lainnya dengan sendirinya induk dari anak hewan tersebut melindungi anaknya. Naluri inipun ada pada manusia, dimulai dari cinta kasih orang tua kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi naluri kasih sayang ini dapat tertutup jika terdapat hambatan – hambatan misalnya pertengkaran, permusuhan, ketidaksukaan dan lainnya.

Kasih Sayang

Islam menghendaki agar kasih sayang  dan sikap belas asih dikembangkan secara wajar. Jika diperinci maka ruang lingkup kasih sayang ini dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan:
  • Kasih sayang dalam lingkup keluarga, kasih sayang orang tua kepada anak, kasih sayang suami kepada isterinya, kasih sayang antara orag yang bersaudara dan berkeluarga.
  • Kasih sayang dalam lingkungan bangsa. Perasaan kasih sayang dan simpati yang timbul akibat persamaan rumpun, suku bangsa, rasa senasib dalam perjuangan yang menyangkut kenegaraan.
  •  Kasih sayang dalam lingkungan keagamaan. Mencintai dan mengasihi sesama orang yang seagama karena memandang saudara dalam akidah dan keyakinan.
  • Kasih sayang dalam bentuk prikemanusiaan. Mencintai sesama manusia atas dasar pengertian bahwa manusia adalah sama – sama berasal dari satu keturunan, asalnya satu bapak dan satu Ibu.
  • Kasih sayang kepada sesama mahluk (universal). Misalnya saling mengasihi hewan dan tumbuh – tumbuhan.

Kasih sayang dalam pribadi seseorang antara lain :
  •    Pemurah : sikap infak, yakni rela membelanjakan harta bagi kepentingan keluarga dan sosial.
  •  Tolong – menolong : sikap gotong royong.
  •  Pemaaf : berlapang dada, memaafkan sahabat – sahabatnya yang pernah bersalah
  • Damai : Cenderung mengulurkan tangan, perdamaian kepada orang yang memusuhinya
  • Persaudaraan : Rasa kasih sayang kepada sesama mukmin dan muslim
  • Menghubungkan tali kekeluargaan (silaturrahim) : Seorang muslim tidak akan senang memutuskan tali kekeluargaan.

Bentuk Wujud Cinta Kasih

Bentuk Wujud Cinta kasih manusia kepada penciptanya adalah pengabdian, kesetiaan, ketaatan. Sebagaimana keterikatan manusia kepada Tuhannya. Sedangkan wujud cinta kasih mahluk hidup kepada sesamanya terbagi menjadi tiga :
  • .Cinta Philia yakni seperti cinta kepada saudara, cinta kepada orang tua , cinta kepada teman cinta kepada sesama.
  •   Cinta  eros yakni cinta yang menegakkan aspek ragawi (erotis)
  • . Cinta Amor yakni cinta yang menekankan aspek aspek psikologis dan emosi .
Unsur cinta adalah keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Ketiganya menyatu dalam segitiga. Dan menjadi ketergantungan. Ketiga unsur cinta ini sama kuat. Namun jika ketiganya tidak sama – sama kuat akan mengakibatkan cinta yang hambar. Dan tidak ada keseimbangan antara yang satu dengan yang lainnya.

Sedangkan cinta kasih manusia kepada alam atau lingkungannya terwujud dalam bentuk menjaga lingkungan, menciptakan keserasian, keselarasan, keseimbangan dengan alam lingkungan sehingga dapat tercapai kehidupan yang aman dan tenteram.

Cinta kasih manusia kepada dirinya sendiri terwujud dalam bentuk menjaga dirinya sendiri. Unsur – unsur yang terdapat dalam cinta adalah simpati seperti kenal, tahu, pengertian, dan perhatian. Dan emosi seperti pengorbanan, tanggung jawab, saling menghormati dan kasih sayang.

Belas Kasihan

Belas kasihan  adalah perasaan welas asih atau kepedulian yang muncul akibat penderitaan orang lain. Dalam cinta kepada sesama diberi istilah belas kasihan, karena cinta disini bukan dilihat dari fisik atau materi melainkan dari penderitaannya. Kita perlu mempunyai rasa belas kasihan untuk membantu orang – orang yang sudah sepatutnya diberi perhatian yang lebih karena penderitaannya. *sumber agaiueo.tumblr.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Mencari Ilmu.

Sarat diterimanya badah : 1.Ikhlas. 2.Sesuai syariat. dalam qur'an surat Az - zumar ayat 9, Qs Al mujaddalah ayat 11, Qs Thoha ayat 14...