Jumat, 28 September 2018

Tuntunan Sholat Jum'at

Prolog.

Kenapa jenazah Fir'aun diawetkan?,hikmahnya :
1.Sebagai pelajaran, bahwa ketika menjadi pejabat jangan seperti Fir'aun. Jangan sombong.
2.Bagi pengikutnya jika Fir'aun jenazahnya dihilangkanmaka pengikutnyaakan mengatakan bahwa Fir'aun itu Tuhan. Maka jenazah Fir'aun ditemukan dan diawetkan.
Qs.An naba' ayat terakhir : "Bahwa kita adalah hanya tanah saja...."

Jika ingin bahagia amalkan empat hal berikut ini :
1.Qolban Syakir. Miliki hati yang pandai bersyukur.
2.Lisaanadz dzakhiri. Jadikanlah lesanmu sebagai lisan yang berdzikir.
   Sholawatnya umatku di hari Jum'at ditampakkan kepadaku
3.Wa badanan alal balai shobiron. Orang yang bersabar ketika diuji.
   Ketika diberi penyakit itu bersabar dengan ikhtiar dan ikhlas. Tutur kata kita yang baik kepada    Allah. Allah itu menjadikan kita lemah (dho'fan) kemudian kuat (quatan) sudah ada dalam firmanNYA. Allah itu akan menggugurkan dosa- dosakita dengan penyakit yang diderita.
4.Orang yang memiliki pasangan yang sevisi Caranya dengan berdiskusi.

Tuntunan Sholat Jum'at.
1.Qs Al jumuah ayat 9 : "Jika disuruh sholat jumat maka tihggalkanlah jual beli dan datangilah tepat dimana sholat jumat sedang diadakan. Jadi tentang :
- kewajiban sholat jumat.
_ Hari rayanya jumat (disunahkan membaca Al kahfi,sholawat),berdoa. Adapun saat yang mustajabah adalah:
   a. Saat khotib naik mimbar sampai khutbah salam.
   b. Setelah sholat ashar hingga maghrib awal
   c. Setelah sholat ashar hingga maghrib tetapi diujung mendekati maghrib.
   d. Digabung tiga-tiganya.
2.Persiapan sebelum sholat jumat :
- Mandi wajib (sebelum ke kantor paginya itu mandi wajib) haditsnya : "Barang siapa datangsholat jumat hendaknya mandi wajib terlebih dahlu."
- Menggunakan pakaian yang terbaik, ada haditsnya berwarna putih atau warna lain tetapi tidak bergambar.
_Hendaknya segera berangkat ke masjid, tidak menunda - nunda. Al hadits : " Jika pada hari jumat mandi janabah seperti mandinya setelah junub kemudian datang pertama ke masjid maka setara dengan kurban seekor unta, jika datang ke masjid nomor dua maka setara dengan seekorsapi, barang siapa datang ke masjid kloter ketiga maka sama dengan berkurban kambing, jika datang ke masjid pada kloter keempat maka seperti kurban seekor ayam. Barang siapa yang datang kloter kelima maka sama dengan sebutir telur. Maka ketika imamnyasudah mulaiberkhutbah maka malaikat sudah duduk dan mendengarkan khutbah.
- Setelah tiba di masjid, sholat tahiyatul masjid dua rokaat meskipun khotib sedang berkhutbah. Jika sudah sholat dua rokaat tapi khotib belum datang maka sholatlah lagi(sholat sunah menunggu datangnya Imam/ sholat sunnah intidhorul Imam).Jika tidak, boleh baca quran/dzikir.Tapi sebaiknya sholat sunnah tahiyatul masjid :"datang Sulaik sahabat Rosulsedangkan Rosul sedang berkhutbah, Sulaik langsung duduk kemudian Rosul ketika berkhutbah berkata :"berdiri" jadi jika khotib sedang khutbah dan kamu baru datang maka sholatlah dulu yang ringan - ringan.
Jika telat datang ke masjid janganlah mengganggu jamaah yang lain.
Apabila khotib menyampaikan khutbah hendaknya mendengarkan dengan baik - baik tidak boleh membaca, main hap, main tangan, menegur orang lain yang sedang mengobrol (faqod laghou).orang yang mengobrol ketika sholat jumat maka sholat jumatnya sia-sia.Karena yang berhak menegur adalam Imam.

Tata Cara Melakukan Sholat Jum'at :
1.Sholat dimulai sat mulai sholat dzuhur. Hadits :" Rosululloh memulai sholat jumat ketika matahari sudah condong / waktu masuk sholat dzuhur.
Adadua azan itu dicontohkan oleh kholifah Ustman bin affan. Sedangkan Rosul azan kemudian duduk.
2.Khotib membawakan pujian, syahadat, sholawat, memperingatkan untuk ketaqwaan kepada Allah SWT.
3.Setelah berkhutbah, khiotib duduk tanpamembaca doa - doa apapun.
4.Khotib membaca doa dan mengacungkan salah satu jari (khotib tanpa mengucapkan salam)
5.Muadzin iqomat.
6.Sholat jumat.
Khutbah hendaknya tidak terlalu lama. "Rosul mengatakan bahwa hendaknya khutbah sholat jumat itu diperpendek tidak melebihi waktu sholat jum'atnya."Rosul biasanya membaca surat Al ghosiya, surat jumuah, atau muafiqun.
Hampir seluruh sholat sunnahitu dilakukan Rosuldi rumah bahkan shoat sunnah qobliyah dan ba'diyah juga dilakukan di rumah. kenapa demikian? agar rumahnya bercahaya danberkah serta agar tidak riya, tutupilah kebaikanmu seperti malu kalau aibnya dilihat orang. kecuali kalau amalnya yang terbuka misalnya nikah dan qurban.

Oang yang melakukan sholat iedul adha atau iedul fitri boleh tidak melakukan sholat jumat ada haditsnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...