Minggu, 21 Desember 2014

Hari Ibu 2014



Hari ini tanggal 22 Desember 2014 adalah hari ibu. Dua kegiatan PKPU Purwokerto dalam memperingati hari Ibu. Yang pertama seminggu yang lalu, PKPU Purwokerto bersama Persaudaraan Muslimah (Salimah), mengadakan kegiatan kajian dengan tema amazing mom. Dalam kajian tersebut dibedah Al qur’an surat Al luqman ayat 12 dan 13. Dengan mentadaburi ayat tersebut diharapkan kita mendapatkan hikmah. Hikmah adalah ilmu tentang hukum – hukum Allah SWT, ilmu tentang kebenaran juga tentang kebijaksanaan. Manusia pada umumnya mempunyai ilmu tentang Islam tetapi tidak bijaksana. Menurut Imam As sa’di hikmah adalah amal yang bermanfaat. Sedangkan amal sholeh adalah ilmu yang diamalkan, supaya kita dapay bersyukur kepada Alloh SWT. Syukur adalah buah dari iman yang kuat. Wujud syukur adalah kita senantiasa melaksanakan perintah Alloh SWT dimuka bumi.Dengan demikian, syukur adalah orang yang senantiasa menegakkan kalimat Alloh SWT dimuka bumi. 

Dalam Qs. Al luqman ayat 13 disebutkan bahwa orang-orang yang bersyukur kepada Alloh SWT akan berpikir tentang pendakwahan Islam kepada generasi selanjutnya. Menjadi orang tua yang menginginkan anaknya sholeh atau sholihah hendaknya diawali dengan menjadikan dirinya sebagai orang tua yang sholeh dan sholihah. Orang tua harus menyiapkan pendidikan yang menghidupkan jiwa anak untuk berbuat kebaikan bagi masa depannya. Anak-anak yang senantiasa meninggikan kalimat Alloh SWT. Nasehat luqman yang ke-dua agar supaya orang tua menanamkan anaknya untuk berjihad atau berjuang di jalan Alloh SWT dengan cara berpegang teguh kepada agama Alloh SWT dengan dilandasi pengetahuan Al qur’an dan dengan kajian yang baik. Nasehat luqman selanjutnya adalah agar anak selalu merasa diawasi oleh Alloh SWT. Agar anak selalu mempunyai sifat tawadhu kepada orang lain serta amar ma’ruf nahi mungkar dan menegakkan sholat dan sabar terhadap sesuatu yang menimpanya. Itu tadi inti kajian bersama ustadz Nurhadi Lc.

Peringatan hari ibu yang kedua adalah event “sejuta cinta bagimu ibu” yang dilaksanakan kemarin sabtu tanggal 20 Desember 2014 dan dihadiri oleh ibu Bupati Banyumas ibu Erna Husain. Selain acara kajian oleh ustadz Ahmad Kifni, acara ini juga diisi dengan pemberian apresiasi kepada para janda ibu tanggah sebagai tulang punggung keluarga. Ustadz kifni dalam kajiannya yang bertema “Pandangan Islam Terhadap wanita”, memaparkan tentang kedudukan wanita, fungsi dan peran wanita serta bagaimana hendaknya wanita membagi waktu. Kedudukan wanita adalah sebagai pasdangan laki-laki. Dalam hal iman wanita berkedudukan sama dengan laki-laki dalam hal nilainya. Wanita juga berpahala atas amalnya. Wanita berhak berusaha dan memiliki harta/belanja. Memiliki hak waris. Wanita juga diperboleh kan mempunyai prinsip monogami dan wanita boleh bekerja dan berkegiatan sesuai dengan fitrahnya. 

Fungsi dan peran wanita adalah sebagai hamba Alloh SWT. Fungsi yang ke-dua adalah sebagai pendamping swami, penerus generasi, pendidik anak,anggota masyarakat, berperan sebagai bapak jika ia single parent dan sebagai pekerja atau wanita karier. Adapun dalm membagi waktu, kaum wanita hendaknya dapat membagi waktu untuk suami, anak, kerabat, tetangga, masyarakat, organisasi, dirinya sendiri, dan kewajiban terhadap Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Istighfar

Filosofi Istighfar : Memohon ampun atas kesalahan yang telah dilakukan dan mentaati perintahNYA. Q.s An - nasr : 3 maka sucikanlah kamu kepa...