Rabu, 08 Februari 2012

Amal shaleh

Amal ibadah kita dapat berupa ibadah maupun muamalah. Adapun ibadah dan muamalah jika dapat dikategorikan sebagai amal shaleh harus memiliki beberapa kriteria ,yaitu :

Pertama adalah jika perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tuntunan Rosul. seperti dalam hadits nabi yang berbunyi "barang siapa mengada-adakan hal yang baru dan tidak ada contohnya maka tertolak amalanya".

Kedua, Dalam muamalah dalil dari Rosul adalah :" kamu sekalian itu lebih tahu urusanmu namun kalo urusan ibadah maka saya uang lebih tau",dengan  berpegang pada ayat tersebut diatas maka yang dijadikan pedomannya adalah laranganya. Sedangkan untuk mengukur suatu perbuatan adalah keiklasan, jika kita ikhlas maka akan diakui sebagai amal shaleh.

Definisi ikhlasdisini adalah semata mata karena Allah saja. Awal agar bisa berbuat ikhlas adalah memahami apa itu tauhid. tauhid ada 2 macam. Yang pertana adalah tauhid rububiyah yaitu mengakui bahwa Alloh yang mencipkan  dan memelihara alam. Tauhid Uluhiyah adalah ,mengakui bahwa Alloh yang mengetahui segala sesuatu dan hanya kepada Allah memohon pertolongan.

Perbuatan atau amal itu harus atas fondasi keimanan.Tepatnya syaratya harus Iman dan Islam. Jadi amal shaleh itu harus dulandasi dengan iman dengan ikhlas dan sesuai sunah Rosul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...