Selasa, 14 April 2015

Indonesia Power Bersama PKPU Purwokerto Bangun Jamban Sehat

Hari selasa empat belas April 2015 Indonesia Power bersama PKPU Purwokerto meresmikan jamban sehat di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Acara ini dihadiri warga masyarakat Desa Penggalang beserta Kepala Desa Penggalang Bapak Miswanto dan jajaran aparat Desa. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Adipala Ibu Novi. Rangakaian acara peresmian jamban sehat diawali dengan penyuluhan kesehatan oleh saudri Siska Mufida dari PKPU. Acara sebelumnya dibuka dengan membaca basmalah yang dipimpin oleh MC. Pada penyuluhan kesehatan kali ini Saudari Siska memaparkan tentang lima pilar sanitasi total berbasis masyrakat yang disingkt dengan STBM. Kelima pilar STBM meliputi : 1. Jangan buang air besar (BAB) sembarangan, 2. Cucilah tangan memakai sabun,3.Olah dulu air minum (direbus, disaring, dll).3.Ayo pisahkan/pilah sampah.5.Resapkan air kotor. 

Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan. Dilanjutkan dengan acara sambutan - sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Yohanes Supirman selaku ketua panitia pembangunan jamban sehat di Desa Penggalan. Bapak Suparmin menyampaikan rasa terima kasih kepada PT.Indonesia power dan PKPU yang telah berinisiatif membangunkan jamban sehat bagi warga Desa Penggalang. Dalam sambutannya, beliau menceritakan bahwa biasanya warga masyarakat kebingungan mencari jamban untuk buang air besar di sekitar lokasi pembangunan jamban sehat. Lokasi pembangunan jamban sehat terletak di ujung lapangan sepak bola dimana warga masyarakat biasa menyelenggarakan acara kemasyarakatan atau sekedar bermain sepak bola bagi para pemudanya. Dengan adanya jamban sehat pada lokasi tersebut, masyarakat merasa sangat terbantu. 

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Bapak Miswanto selaku kepala Desa Penggalang. Bapak Miswanto manghaturkan rasa terima kasih kepada PT.Indonesia Power dan PKPU yang telah mendukung kegitan-kegiatan di Desa Penggalang, salah satunya program pembangunan jamban sehat. Dalam sambutannya, Bapak Miswanto mendorong masyarakat  Desa Penggalang untuk berpola hidup sehat, salah satunya buang air besar di jamban yang sehat. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Bapak Daniel selaku General Manager PT. Indonesia Power cabang Adipala. Bapak Daniel menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Desa Penggalang bahwa keberadaan PT.Indonesia Power diterima dengan baik oleh warga masyarakat Desa Penggalang dan beliau berjanji akan mendukung terus kegiatan masyarakat Desa Penggalang yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Acara selanjutnya adalah pemberian bantuan dalam tajuk "Indonesia Power Berbagi."Bantuan yang pertama berupa pembangunan jamban sehat yang diserahterimakan secara formal oleh Bapak Daniel selaku General Manager PT. Indonesia Power cabang Adipala dan diterima oleh perwakilan masyarakat Desa Penggalang Bapak Miswanto selaku kepala Desa Penggalang. Acara ditandai secara simbolis dengan penanda tanganan MoU penyerahan jamban sehat dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat. Penyerahan bantuan selanjutnya adalah penyerahan secara simbolis "Benah Rumah" untuk keluarga Ibu Kaspiah. Penyerahan dilakukan oleh Bapak Ari Triswandi selaku penanggung jawab CSR PT. Indonesia Power cabang Adipala. Setelah acara penyerahan bantuan secara simbolis selesai, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita yang merupakan acara puncak peresmian jamban sehat. Pengguntingan pita dilakukan bersama-sama oleh  Bapak Daniel dan Bapak Miswanto. Dengan berakhirnya prosesi pengguntingan pita, maka berakhirlah sudah rangkaian kegiatan "Indonesia Power Berbagi." Semoga dengan acara ini masyarakat Desa Penggalang mempunyai semangat baru untuk hidup sehat agar juga tercapai masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...