Rabu, 14 November 2012

kuliner kaki lima di seputar Peleburan UNDIP

Mencoba makanan dengan berbagai variasi dan cita rasa memang menyenangkan. Tak ayal banyak sekali acara-acara tentang makanan di televisi. Baik kuliner maupun aneka hidangan memasak yang menelorkan banyak artis chef dari yang seksi sedap dipandang oleh kaum adam hingga yang benar-benar bertalenta. Yuk marie kita ngulik kuliner kaki lima ala mahasiswa UNDIP di sekitar kampus bawah Peleburan.

Soto ayam, Soto sapi  berada di depan kampus sastra. Soto Semarang lebih mirip soto kudus. Disajikan dengan mangkok kecil yang pasti kurang porsinya bagi laki-laki. Soto Semarang disajikan bersama perkedel kentang, sate kerang, sate telur puyuh, sate usus, atau sate ati ampela. Warnanya agak kuning kuahnya cair tidak bersantan. Demikian juga soto sapi. Penyajian soto sapi Semarang sama seperti Soto ayam dengan mangkok kecil seperti Soto kudus dan disajikan bersama teman - temanya yakni sate telur puyuh, sate kerang, sate ati ampela, perkedel atau sate usus. Saya suka soto dipasangkan dengan sate kerang. Harganya terjangkau Rp.8000,00 untuk setiap mangkoknya.

Bergerak ke kiri sebelah kampus sastra, disana tersedia berbagai camilan ringan seperti rujak, roti bakar, cimol,siomay, aneka jus buah. kesemuanya seperti hidangan pada umumnya dalam arti tidak ada yang khusus, harganya terjangkau, rujak Rp.5.000,00 jus buah Rp.3000,00.Tepat di depan kampus arsitektur disana ada bakso iso, mie ayam, rumah makan padang dan mie pecun.Rumah makan padang satu-satunya disekitar Peleburan termasuk favorite. Tak hanya para mahasiswa namun banyak juga karyawan dan karyawati bank dan berbagai perusahaan dan perkantoran yang ada diseputar kampus nampak juga turut meramaikan rumah makan padang tersebut. Harganya sangat murah dengan rendang cukup Rp.12.000,00 dengan lele goreng hanya Rp.8000,00 saja satu piringnya.

Masih di depan kampus UNDIP Arsitektur menuju Jl. Singosari. Disana ada warung pecel,mie ayam dan bakso. Pecelnya lumayan enak dan murah dengan nasi serta telur dadar hanya Rp.8.000,00. Mie ayam dan bakso disebelahnya juga termasuk lumayan, harga mie ayam mulai Rp.7.000,00 bervariasi tergantung tambahan apa dalam mie ayamnya misalnya bakso atau ceker. Selain mie ayam dan bakso, terdapat pula es degan yang berada satu lapak dengan mie ayam. Harga es degan Rp.2500,00 per gelas dengan berbagai variasi gula jawa, gula pasir atau sirup.

Menuju Samping kampus Arsitektur di Jalan Peleburan. Disana banyak tenda - tenda pedagang kaki lima pada malam hari. Pada siang hari yang nampak dipinggir jalan adalah bakso. Pada malam hari berjajar beraneka macam penyetan. mulai dari ayam penyet, ati ampela penyet, telur penyet, tempe dan tahu goreng penyet. Ada satu jenis adonan yang baru saya temui di Semarang,namanya gongso. Berbagai macam variasi gongso seperti gongso ayam, gongso sapi, gongso ati ampela dan gongso telur. Gongso seperti oseng - oseng dengan variasi bumbu tertenyu yang terasa lebih manis dan nikmat, disajikan dengan nasi putih. Harganya Rp.7.000,00 per porsinya.

Selain penyetan dan gongso juga terdapat capcay, nasi goreng, mie goreng. Salah satu warung favorite saya adalah warung tenda Bu Manteb. Capcay nyemek yaknimposisi antara goreng dan rebus adalah paling favorite disana. Hargaya Rp.7.000,00. Dalam deretan jalan tersebut juga terdapat jagung bakar, camilan enak disajikan malam hari sebagai pengganti nasi yang cocok bagi para mahasiswi yang memperhatikan pola makan dan sedang mengurangi nasi. Bagi para mahasiswa tentu saja jagung bakar adalah camilan saja, dan akan makan besar dengan menu-menu yang sudah berjajar saya sebutkan diatas.

Kuliner selanjutnya di Jl. Singosari. Berturut - turut mulai dari warung tenda. Ada mie ceker dan nasi goreng serta martabak Bandung. Mereka buka pada malam hari. Selain warung tenda - warung tenda ini beberapa resto dan resto sederhana ada di Jalan ini,. Pelangi adalah resto favorit para mahasiswa UNDIP di Peleburan. Berbagai macam makananan besar maupun ringan tersedia, mulai dari nasi goreng, daging - daging grilled serta spaghetti ada disini. Tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dari warung kaki lima namun termasuk dalam harga para mahasiswa, seperti harga di Pizza Hut, Solaria. Tak Heran banyak karyawan maupun keluarga-keluarga yang menikmati makan siang bersama maupun makan malam bersama di Pelangi.

Di depan Pelangi terdapat satu warung semi permanen yang menjajakan mie ayam dan ramen. Suasananya lebih nyaman dibandingkan di warung kaki lima, namun masih kalah dari Resto Pelangi. Harganya terjangku, mie ayam Rp.8.000,00 dan Mie Ramen Rp.15.000,00. Masih di Jalan Singosari, terdapat kuliner khas Palembang empek-empek. Tidak kalah pula warung rumahan yang berada di Pojok jalan belakang kantor Pusat Muhammadiyah Jawa Tengah yang sering terlihat rai olrh para mahasiswa dan karyawan. Pada malam hari akan lebioh marak karena terdapt nasi kucing, warung Surabaya yang menjajakan capcay, mie rebus, nasi goreng serta warung kaki lima yang lain menjajakan mie ayam, bakso dan tahu gimbal.

Kuliner Selanjutnya diujung Jalan Singosari, disekitar perempatan gedung pusat Muhammadiyah Jawa Tengah. Terlihat deretan warung kaki lima mulai dari soto ayam, gudek komplit, soto sapi, aneka bubur dan kolak, gorengan, es kopyor dan es durian. Yang unik adalah kolak dan aneka bubur seperti bubur candil, bubur bening dan lain sebagainya. Biasanya hidangan kolak kita jumpai pada saat Ramadhan saja, namun tidak bagi warga Semarang. Kolak adalah camilan yang terbuat dari pisang  yang bisa dinikmati kapan saja seperti camilan yang lainnya. Harga satu mangkok kolak dengan es adalah Rp.4000,00.Gudek adalah salah satu makanan favorite saya, Meskipun tak seenak gudeg di Jogja namun gudeg di perempatan Singosari ini termasuk lumayan. Satu porsi Gudeg dengan baceman tempe dan telur semur serta sayur krecek hanya Rp.12.000,00.

Berbicara makanan dan minuman, rasanya tak lengkap bila kita tidak menilik jajanan buah-buahan murah khas Peleburan. Namanya gelo- gelo. Gelo - gelo adalah nama gerobak jualan yang berisi beraneka macam gorengan dan sate kerang serta sate telur puyuh ditambah buah-buahan potong. Favorite saya adalah buah-buahan. Gelo- Gelo ada mulai sore hari sekitar puku 16.00 WIB di Singosari IX, Ba'da maghrip di Singosari Raya dan di Jl. Peleburan dekat dengan warung kaki lima Bu Mantep. Buah - buahan seperti pepaya, melon, semangka dan nanas dipotong  kecil - kecil seperti potongan pada tukang buah. Harganya sangat murah, biasanya di Jakarta 1 potong Rp.1.500,00 di sini cukup Rp.500.00 saja.

Makanan rumahan yang ada di Sekita Peleburan tidak banyak, yang saya tahu tiga saja. Di dalam Jalan Singosari. Di Belakang Rumah sakit Rumani yang terkenal dengan warung Bu Mar dan dibelakang kantor Pusat Muhammadiyah Jawa Tengah. Yang paling murah dan enak adalh warung Bu Mar. Dengan Rp.6.000,00 bisa mendapatkan sepiring nasi dengan sayuran dan orek tempe serta ikan cuek, sangat murah.Namun jika ingin makanan seperti ayam bakar, fuyunghai, nasi goreng dengan tempat yang terbilang bersih dan terjangkau bisa datang ke Hungry buzz. Berada di perempatan Jalan Singosari dan depan Sekolah Pelayaran PIP Semarang. Sepiring nasi dengan ayam goreng / bakar dan sayuran cukup dengan Rp.9.500,00 saja.

 Demikianlah sekedar berbagi informasi kuliner warung kaki lima dan beberapa tempat makan sedikit berkelas diseputar kampus UNDIP Peleburan. Jika teman - teman mempunyai informasi kuliner bagus di Seputar semarang silahkan share.Trima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...