Selasa, 26 Maret 2013

Rapat Anggota Tahunan KJKS BMT TAWFIN


Sabtu kemarin tepatnya tanggal 23 Maret 2013 BMT TAWFIN telah melaksanakan RAT yang merupakan kekuasaan tertinggi  dalam koperasi. Seperti kita ketahui bahwa badan hukum BMT adalah koperasi syariah, sehingga ketentuan-ketentuan tentang perkoperasian spesifiknya yang syariah wajib dipenuhi. Termasuk dalam hal keanggotaan koperasi. Keanggotaan koperasi terdiri dari anggota biasa, anggota luar biasa dan calon anggota. Difinisi dari anggota biasa adalah anggota yang telah menyetorkan dana setoran pokok sebesar Rp.1.000.000,00 dan sertifikat modal koperasi sebesar Rp.1.000.000,00 atau yang dalam istilah dimasa lalu adalah simpanan wajib. Jumlah untuk sertifikat modal  koperasi bisa dicicil dalam bentuk pecahan sertifikat Rp.100.000,00 saja. Jadi setiap tahunnya anggota biasa menyetorkan total dananya minimal Rp.2.000.000,00. 

Sedangkan definisi dari anggota luar biasa adalah cara untuk menetapkan agar nasabah menjadi bagian dalam koperasi sebagai anggota. Hal ini diharuskan dalam AD/ART koperasi yang menyebutkan kurang lebih bahwa koperasi harus memberikan kemanfaatan sepenuhnya bagi anggota. Namun seperti kita ketahui bersama bahwa para nasabah/ pengguna jasa BMT TAWFIN adalah mereka yang termasuk dalam pengusaha golongan lemah seperti pedagang kelapa parut di pasar Mencos Setia Budi, pedagang-pedagang kaki lima di seputaran perkantoran di Seta Budi dan lain sebagainya. Untuk memudahkan hal ini maka pada RAT kemarin telah ditetapkan bahwa besarnya simpanan pokok bagi anggota luar biasa adalah Rp.10.000,00 saja. Nominal tersebut diharapkan tidak memberatkan pemakai jasa BMT TAFWIN yang memang tergolong pengusaha ekonomi lemah. 

Selain simpanan pokok, dan sertifikat modal koperasi, BMT TAWFIN juga membuat skema tabungan bagi para anggota dan deposito minimal sebulan dengan bagi hasil yang menarik. Pada RAT tahun pertama ini, Alhamdulillah total dana yang terhimpun sebesar Rp.130.000.000,00 sekian (tepatnya saya tidak mencatat) dengan total anggota biasa sebanyak 55 orang dan penerima manfaat sebanyak 66 nasabah. Memang di tahun pertama ini BMT TAWFIN masih defisit sekitar Rp.17.000.000,00 namun menurut Dewan Pengawas hal ini masih wajar dalam skala pertumbuhan sebuah koperasi Jasa Keuangan Syariah. Dewan pembina diketuai oleh Hendro Wibowo dosen SEBI yang didampingi oleh mas Sholeh dan Mas Rizki Son yang sudah lama malang melintang berkecimpung di pemberdayaan usaha kecil  Microfin.

Target tahun depan adalah tercapainya penggalangan modal dari simpanan pokok dan sertifikat modal koperasi sebesar Rp.500.000.000,00 dengan nominal Rp.500.000.000,00 maka insyaAlloh BMT TAFWIN sudah bisa mempositifkan laba (sudah meraih keuntungan pada tahun kedua). Angka Rp.500.000.000,00 bukan hanya impian kosong semata, dengan melihat potensi alumni  Forum Silaturrahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang berhimpun dalam Korps Alumni FoSSEI yang tersebar diseluruh Indonesia dan mulai banyak yang berada di manca negara (sedang study di luar negeri) maka angka Rp.500.000.000,00 bukanlah isapan jempol semata. Itu nyata dan riil. Tantangannya adalah bagaimana mengajak alumni-alumni FoSSEI yang tergabung dari masing-masing Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) dari masing-masing universitas se-Indonesia bisa turut berpartisipasi.

Dalam pidatonya, Ketua KA FoSSEI mas Alfi Wijaya menyampaikan harapannya kepada BMT TAFWIN untuk bisa menjadi motor penggerak bagi kegiatan-kegiatan KA FoSSEI kedepan. Mas Alfi juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengurus yang sudah dengan ikhlas tanpa dibayar meluangkan waktu dan pikirannya untuk mengemban amanah di BMT TAWFIN. Team pengurus BMT TAWFIN yang di ketuai oleh Kindi Miftah sebagai CEO dinilai bagus dalam mengurus BMT TAWFIN. Ucapan terima kasih juga disampaian kepada kedua karyawan BMT TAWFIN yaitu  Riza sebagai manager dan Ari Haura sebagai staffnya. Berkat kedua karyawan inilah BMT TAWFIN melenggang turut memajukan khasanah BMT di Jakarta. Saat ini BMT TAWFIN sedang membutuhkan seorang karyawan lagi untuk memperkuat team, silahkan jika ada pembaca yang berminat bisa melamar. Pujian juga disampaikan kepada para pengurus yang ternyata hampir semuanya berpendidikan S2 dan ini merupakan BMT paling canggih yang ada di Indonesia saat ini. Kenapa paling canggih? Karena BMT TAWFIN sudah menggunakan Risk management yang super ketat seperti pada bank-bank Syariah, dimana saat ini belum ada BMT yang menggunakan Risk management.

Jika kita mau melihat model komunitas alumni organisasi mahasiswa yang mendirikan usaha sejenis, marilah kita menengok BPRS Harta Insan Karimah (HIK). BPRS ini besar di Jakarta dan sekitarnya. BPRS HIK adalah BPRS yang dimiliki oleh para alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) UGM. Bukan tidak mungkin dengan source yang dimiliki oleh para alumni FoSSEI maka BMT TAWFIN akan bisa sebesar BPRS HIK dimasa mendatang bahkan bisa lebih dari itu. Amiin Ya Robbal Alamiin. Bukan hanya impian untuk menjadi besar namun juga visi ideal kami untuk memberikan contoh transaksi-transaksi syariah yang tepat sesuai syariah kepada masyarakat. Mudah-mudahan visi ini juga tercapai. Amiin Ya Robbal Alamiin.

Bagi anda yang membaca tulisan saya ini dan merasa alumni dari masing-masing Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) dari universitas manapun dan dimanapun posisi anda berada silahkan hubungi kami untuk bergabung memulai bersilaturrahim dalam langkah nyata menjadi anggota BMT TAFWIN. Kantor BMT TAFWIN saat ini masih bersama dengan kantor Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pusat Di Jalan Setia Budi Tengah No.23 Jakarta Pusat. Atau bisa menghubungi Ari Haura di nomor Hp.085640404646. Jika menginginkan informasi lebih jauh secara detail maka bisa juga untuk hadir dalam acara Silaturrahmi Akbar / SILAKBAR KA FoSSEI nanti yang akan dilaksanakan insyaAlloh tanggal 25 Mei 2013 di Jakarta. Untuk tempat masih belum fixed, namun bagi anda yang merasa bagian dari KA FoSSEI baik yang sudah terdaftar maupun belum terdaftar dihimbau untuk mengosongkan agenda pada tanggal tersebut. Sekian smoga bermanfaat. Wollohualam Bishowab....

1 komentar:

  1. Terima kasih atas sharing-nya sangat bermanfaat bagi kemajuan koperasi syariah di Indonesia.
    Sekedar menambahkan, untuk memudahkan RAT (rapat anggota tahunan) Koperasi Syariah, bisa menggunakan software akuntansi koperasi berbasis Syariah di Download Gratis Software Koperasi Syariah
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus

Transfer Segmen Dakwah

 "Kita yang butuh dakwah, bukan dakwah yang butuh kita." Pepatah itu kerap kita dengar. Memang pada kenyataannya dakwah akan tetap...